Kamis, 03 Mei 2012

Pasta

Buat pasta yang enak yuukk.. beberapa waktu lalu rumah kami kedatangan tamu2 rameee, sebenernya acara itu hanya untuk kumpul2 aja.. dan kebetulan juga suamiku ulang tahun (walaupun udah lewat) temen2 di kantor mau pada potluck-an supaya si tuan rumah nggak terlalu banyak masak.. aseeekk pengertian banget sih.. Mas Catur, Mbak lady dan ray *anak mereka yang lucuuuu banget ituh dateng bawa ayam bakar + tempe sama tahu bacem (sumpah ayam bakarnya masih keinget sampe sekarang,, uenaakk bangettt), aku.. hhmmm hheee karna paginya aku ikut cooking class sampai jam3 sore, dan rombongan mau dateng jam5 sore, lalu setelah di ingat kita belum belanja apapun!! please deeehh.. jadi aku cuma buat puding coklat dengan saus vanila yang hasilnya nggak banget :(( bikinnya buru2 soalnya.. trus ku putuskan bikin japanese cheese cake lagi (yg ini berhasil dan laku keras alhamdulillah..) nahh.. Mbak Uci sama Mamang *namanya Agus Salim (dipanggil mamang karna alasan *sensor aja yah, ntar orangnya ngambek) itu mau bikin spagheti yang legendaris ituh.. enak juga loh.. dan aku baru tau kalau kunci enaknya itu dari cara memasak tomatnya.

Jadi.. kalau kata Mbak Popi di India itu makanan yang dibuat hampir tidak pakai MSG, tapi kenapa bisa enak?? ternyata rahasianya adalah bumbu2 rempah yg banyak digunakan dalam masakannya, dan proses memasaknya agak lama, hmmm penjelasan ringannya diungkep gitu lah. Itulah kenapa masakan berkuahnya selalu terlihat kental, dan itulah justru yang bikin enakk walaupun tanpa MSG.

Itu juga yang membuat saus pasta bikinan Mamang enak,, yaitu dengan cara memilih tomat dalam keadaan matang, penampakannya yang pasti warnanya merah banget, sudah agak lembek tapi tidak busuk, lalu di rebus dulu sebelum di olah bersama bumbu lainnya, nah.. proses perebusan itu yang menyebabkan bau khas tomat menjadi lebih harum nikmat dibandingkan bila tidak direbus (dulu aku nggak direbus.. hiks). Lalu hubungannya dengan masakan India apa?? ooo tentu ada dong,, karena setelah direbus dan di blander tomat akan menjadi cairan seperti saus tapi lebih encer lagi pastinya, nah.. proses masaknya  juga di ungkep dengan bumbu2 lainnya sampai air mengering dan mengental.. hasilnya, walaupun Tanpa MSG tetap yahud deehh,, nggak percaya?? cobain deh dirumah :)

Oya, kalau mau masakan yang enak walaupun tanpa di ungkep gunakan saja garam, gula dan merica. Itu resep dari ibu ku :) tanpa panjang lebar lagi.. monggo di lihat hasil pastanya.. trus monggo juga dilihat resepnya..



Bahan:
200 gr pasta
3 sdm olive oil (saya pakai merk BERTOLLI, pilih yang extra virgin) lebih harum
1/2 sdt garam
1 lt air
1 sdt oregano

Bahan Saus:
5 buah tomat merah matang, rebus sampai matang/ kulit tomat retak, tiriskan, blender sampai halus.
11/2 buah bawang bombay, iris kotak.
2 siung bawang putih, cincang halus.
250 gr daging giling.
1/2 sdt merica bubuk.
1 sdt oregano.
3 sdm olive oil (saya pakai merk BERTOLLI, pilih yang extra virgin) lebih harum
garam, gula secukupnya.
keju parut, secukupnya untuk taburan.

Cara membuat pasta:
Masak air sampai mendidih, masukkan pasta, tunggu sampai setengah matang, masukkan sebagian olive oil kurang lebih 2 sdm kedalam rebusan pasta dan garam, aduk rata, tunggu sampai matang, matikan api, tiriskan air, masih dalam panci yang sama (tanpa api) masukkan kembali sisa olive oil dan oregano, aduk hingga rata, tuang ke piring saji.

Cara membuat saus pasta:
panaskan olive oil, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum dan bawang bombay layu, masukkan daging giling, aduk rata sampai berubah warna, masukkan tomat halus, masak sampai agak mengering dan kental sambil ditutup, masukan garam, gula, merica bubuk dan oregano, aduk rata, , matikan api, tuang ke atas pasta, dan taburi dengan keju parut, sajikan.

makannya di irit2.. biar abisnya lama,, abis enak siihh :)


Note: 
kita juga bisa pakai pasta lainnya.
kalau tidak terlalu suka dengan olive oil yang extra virgin, bisa juga pakai yg biasa, tapi menurutku kurang ada rasa dan harumnya.
saus ini juga yang aku gunakan untuk bahan olesan di atas roti pizza sebelum diberi topping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar