Sabtu, 12 Mei 2012

Lote'an

Mari ngerujak... sayang buahnya kurang bervariasi yah :( ini akan terjadi jika aku mulai malas ke pasar hheee..
Aku pakai buah yang ada aja di kulkas.. itu juga yang ingetin suamiku kalau ternyata ada 5 buah jambu biji organik yang aku beli di kantor, kebetulan setiap hari kamis ada yang jual sayuran dan buah-buahan organik.

Jambu biji organik ini rasanya enaaakk banget,, manisnya pas, nggak asem dan bijinya sangat amat sedikit :) buahnya juga besar-besar, biasa aku buat asinan jambu, tapi karna suamiku bosan jadi aku buat rujak aja.. rujak nama mudahnya, kalau di kota kelahiran ku Pekalongan yang begini ini namanya Lote'an, makanya judulnya aku pakai nama itu.. itung2 pengobat rindu kampung halaman :)

Kenapa di namakan lote'an? karena.. makannya sambil di lote' atau dicolek atau di cocol ke sambal kacang gula merah, kalau rujak di Pekalongan juga ada.. cuma penyajiannya berbeda, antara buah dengan sambalnya di campur jadi satu, nah.. itu bedanya,, rasanya hmmm jangan ditanya,, bikin melek segerrr baik rujak ataupun lote'an :)

Mau coba? silahkan.. ini resep dari saya :)



Bahan:
5 buah jambu biji organik, (boleh pakai buah suka-suka hati yaa)
haluskan: 1 sdm kacang tanah goreng, 80 gr gula merah sisir, 9 buah cabe rawit hijau (atau sesuai selera), 2 buah cabe merah kriting, 2 gr Terasi ABC bakar, 1/2 siung bawang putih, 1/2 sdt garam

Cara membuat:
belah-belah jambu biji organik, sambal ulek: cabe rawit hijau, cabe merah kriting, garam, ulek sampai halus, masukkan terasi, ulek rata, kacang tanah goreng, ulek rata, terakhir gula merah, ulek rata, sajikan..


Note:
buah-buahan bisa sesuai selera, untuk sambal jika terasa terlalu kental bisa ditambahkan air kurang lebih 2 sdm, jangan terlalu encer karna ciri khas lote'an itu adalah di sambalnya yang kental, kalau encer nanti jadi tidak bisa di lote' atau di cocol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar