Senin, 14 Mei 2012

Circle beef egg Salad


Ini enak nih, Waktu nonton acara Pooh’s Kitchen di TLC dia masak ini, Cuma nggak sempet liat nama masakannya.. jadi namanya ala aku aja ya hhee. Udah gitu bahan dasarnya juga beda sih.. waktu itu dia pakai daging domba, bumbunya juga ada yang nggak aku pakai seperti kayu manis misalnya, soalnya aku ganti bahan dasarnya pakai daging sapi hhee

Bumbunya sama seperti buat daging burger, tapi yang bikin aku stress waktu masak ini adalah proses memasaknya hadooooohhh aku sama suami sampai harus kecewa beberapa kali karena gagal *nyengir Jadi ya, yang bikin makanan ini menarik adalah bentuknya dan penyajiannya, aslinya itu cantiiikkk banget, bikin kita ngiler pengen makan, tapi ternyata proses pembuatannya tak semudah yang terlihat, gagal total !! tapi paling tidak rasanya tetep yahuudd dan hasilnya nggak terlalu mengecewakan lah.. walaupun gagal sana sini.

Untuk membuat telur tetap berada dalam lingkaran daging, ternyata syusyah juga yaa, lihat hasilku.. bleber kemana-mana telurnya :((


Bahan:
250 gr daging sapi giling
1 buah bawang Bombay, ukuran kecil, cincang halus
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sdt lada putih
1/2 sdt kaldu sapi bubuk (misalnya masako atau royco dll)
2 butir telur
2 kuning telur
3 sdm olive oil extra virgin, aku pakai bertolli

Bahan salad:
2 buah tomat, potong kotak
½ buah paprika potong kotak
5 gr seledri cincang kasar
½ buah bawang bombai, iris bulat cincin
2 sdt olive oil extra virgin, bertolli
Sedikit garam
Sedikit lada putih

Cara membuat:
Mengolah daging: setelah daging giling dicuci bersih dan ditiriskan, taruh dalam wadah, masukkan bawang bombay, garam, gula, kaldu bubuk, lada putih, aduk rata, masukkan kuning telur, bagi menjadi 2 bagian sama rata, (lakukan langsung dalam wajan) bulat pipihkan, sambil buat lubang ditengahnya (seperti membuat donat) hanya saja dibutuhkan lubang yang agak besar, masukkan olive oil, masak sebentar, masukkan satu butir telur atau ceplok telur didalam lingkaran daging, jika bagian bawah daging sudah kaku dan telur bagian bawah juga matang, balik daging dan telur (aslinya daging dan telur bagian atas tidah dibalik, sehingga daging bagian atas dan telurnya setengah matang), versi ku masak sampai matang, angkat sisihkan.
Membuat salad:
Campur dalam mangkuk, tomat, paprika, seledri, bawang Bombay, olive oil, garam dan lada, aduk rata, sajikan bersama daging dan telur.
Untuk 2 porsi

Walaupun hasilnya berantakan, tapi rasanya tetep yahuuddd :)


Note:
Membuat makanan ini gampang-gampang susah, jadi dibutuhkan ketelitian dan kreatifitas tinggi hhee *kalau aku gagal berarti kreatifitas dan ketelitian ku kurang dong hheee..

Untuk membuat lubang seperti donat, lakukan langsung dalam wajan pipih yang mau digunakan untuk meng-grill, jika tidak dijamin lingkaran akan patah disaat anda akan memindahkan adonan daging ke wajan. 

Setelah bentuk dirasa cukup sesuai tuangkan olive oil dan nyalakan api kemudian grill.

Untuk membuat makanan ini dibutuhkan adonan daging yang cukup tebal dan tinggi, ini gunanya untuk menahan telur yang nanti akan di ceplok didalamnya agar tidak berhamburan keluar.

Untuk daging, sebelum dimasak banyak, seperti biasa jangan lupa dicicipi ya.. caranya ambil 1 sdt adonan daging panaskan dalam wajan, bila sudah matang coba cicipi, untuk tau rasanya sudah pas atau belum menurut selera masing-masing :)

Resep aslinya memang dibuat setengah matang, jadi hasil atasnya cantik, jika itu selera anda juga, monggo.. daging dan telur tidak usah dibalik, tetapi untuk aku dan keluarga lebih suka yang matang sempurna
Selamat mencoba yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar