Senin, 14 Mei 2012

Burger Klenger Bunder





Burger... burger... menu makanan yang satu ini memang selalu di gemari oleh semua kalangan, bentuknya yang menarik dan mudah dimakan, membuat makanan ini bisa dinikmati dimanapun. Apalagi sensasi di setiap gigitannya *halah kaya iklan hhee.. bayangkan, satu gigitan kita bisa dapatkan lebih dari 5 rasa mulai dari rotinya, sayur mayurnya, sausnya, mayonaisenya dan dagingnya!! Nah.. kan, apa nggak kurang enak.. sesekali menu makanan ini bisa jadi pilihan juga lhoo..

Kita coba buat dirumah aja yuk.. selain terjamin kebersihan dan kesehatannya, kita juga bisa melibatkan anak-anak dalam membuat menu makanan yang satu ini, Insya Alloh anak-anak makannya jadi semangat nanti :) jangan lupa untuk membeli daging dan sayuran dalam keadaan segar ya bunda.. untuk roti, saus dan mayonnaise juga harus di cek tanggal kadaluarsanya ya. Pokoknya ‘teliti’ sebelum membeli :)

Yuk kita initip bahan-bahannya..

Bahan:
214 gr roti burger bun, (1 pack isi 4 tangkup) aku pakai merk Sari Roti
Daun selada, sesuai selera
Tomat, sesuai selera, iris bulat
1/2 buah bawang Bombay, iris bulat cincin
Saus sambal / tomat ABC
Mayonnaise
2 sdm margarine (blueband, forvita, simas dll)

Bahan untuk daging:
250 gr daging sapi giling
1 buah bawang Bombay, ukuran kecil, cincang halus
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sdt lada putih
1/2 sdt kaldu sapi bubuk (misalnya masako atau royco dll)
2 kuning telur
3 sdm olive oil extra virgin, aku pakai bertolli

Cara membuat:
Panaskan margarin, grill roti burger bagian dalam sampai kuning sedikit kecoklatan, angkat, sisihkan.
Mengolah daging: setelah daging giling dicuci bersih dan ditiriskan, taruh dalam wadah, masukkan bawang bombay, garam, gula, kaldu bubuk, lada putih, aduk rata, masukkan kuning telur, bagi menjadi 4 bagian sama rata, bulatkan dan pipihkan, panaskan olive oil masukkan daging giling yang telah dibulat pipihkan, masak sampai berubah warna dan matang, angkat, sisihkan, masih diwajan yang sama, masak irisan cincin bawang Bombay hanya 1 menit saja, matikan api.

Mari menyusun :)
Ambil satu bagian roti, olesi dengan 1 sdt mayonnaise, taruh daging diatasnya, kemudian susun bawang Bombay, irisan tomat, lalu daun selada, olesi satu lagi bagian terakhir roti dengan saus sambal atau tomat, dan taruh di atasnya, lakukan sampai semua tersusun habis, sajikan bersama kentang goreng lebih enak :)

Untuk 4 porsi

Note:
Untuk penyajian bisa sesuai selera dan kreatifitas masing-masing ya..
Untuk daging, sebelum dimasak banyak, seperti biasa jangan lupa dicicipi ya.. caranya ambil 1 sdt adonan daging panaskan dalam wajan, bila sudah matang coba cicipi, untuk tau rasanya sudah pas atau belum menurut selera masing-masing :)

Semoga Bermanfaat ya :)




2 komentar:

  1. pasti lebih pas kalau pakai roti burger yang di bikin sendiri zul....,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaayy pastinya Mbak.. ini yang bikin rajinnya setengah-setengah soalnya :)

      Next bikin sendiri deh rotinya, buat kamuh,.. tapi ambil di Bogor yah :D

      Hapus