Sabtu, 12 Mei 2012

Bubur Kacang Hijau

Bangun tidur suamiku mintadi buatin bubur kacang hijau, aku bilang nggak ada santannya.. eh dia langsung berdiri dan menawarkan diri untuk belanja, haduuhh suami idaman banget sih kamu.. mau enak makan tapi mau capek juga belanja pagi-pagi.

Bubur kacang hijau ini merupakan salah satu makana sehat juga kan.. jdi dengan senang hati aku buatkan, apalagi di bantuin belanja juga. Bahan-bahannya mudah di dapat, buatnya apalagi.. nggak pake capek sedikitpun,, la wong guampang buanget koq hhee..

Monggo dilihat hasil dan resepnya ibu-ibu :)


Bahan:
150 gr kacang hijau, cuci bersih
900 ml air
3-4 sendok makan gula pasir (sesuai selera)
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, ikat simpul
kuah santan: 600 ml santan dari 1 buah kelapa,1/2 sdt garam, 2 lembar daun pandan ikat simpul.
Roti kupas Sari roti

Cara membuat:
rebus kacang hijau sampai air rebusan meresap, dan kacang hijau menjadi lunak dan mekar, masukkan daun pandan, masukkan gula pasir, garam aduk rata, matikan api, dalam panci berbeda, masak santan dan daun pandan sambil diaduk2 sampai mendidih/matang, masukkan garam, aduk rata, matikan api, tuang kacang hijau kedalam mangkuk lalu siram dengan kuah santan, sajikan hangat ataupun dingin bersama roti kupas Sari roti.

Note:
Kacang hijau itu menyerap banyak air, jadi jangan heran kalau air yg dibutuhkan cukup banyak walaupun kacang hijaunya sedikit. dan kadar kekentalan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya..

Jangan pernah sekali-kali memasukkan bumbu apapun kedalam rebusan kacang hijau sebelum benar2 lunak dan menjadi bubur, karna hasilnya si kacang hijau nanti tidak akan matang lhoo alias dijamin akan terus keras sepanjang masa *gawat kan. jadi untuk perebusan pertama HANYA kacang hijau dan air saja, boleh dimasukkan bumbu lain setelah lembek.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar