Jumat, 08 Juni 2012

Sate Lilit

Yeeeyyy akhirnya kesampaian juga buat sate lilit, percobaan pertama ini ternyata sukses membuat suamiku makannya lahap dan nambah, enak buanget katanya.. bumbunya pas, nggak ada yang kurang dan nggak perlu ada yang di tambah, karena biasanya suamiku memang tim penilai tetap masakan - masakan ku selain teman - teman. Inilah salah satu momen yang paling berharga dan tak ternilai harganya, ketika suami merasa diperhatikan dan dimanjakan salah satunya dengan masakan.




Sate lilit ini harusnya di bakar, namanya juga sate.. tapi karena aku nggak punya alat untuk bakar membakar, jadi sate lilit ini aku grill di wajan datar, sambil di oles dengan margarin dan sedikit kecap manis, loh koq gitu.. ya bisa dong.. namanya juga sate lilit ala aku.. hihi biar warnanya juga bisa coklat keemasan dan cantik.

Yakinlah bahwa masakan ini benar - benar enak, di coba ya dirumah yaa.. berikut resepnya.



Bahan:
200 gr daging ayam, cincang halus
100 gr udang kupas, cincang halus
2 sdm tepung sagu
10 batang sereh, bersihkan, sebagai tusuk sate


Haluskan:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk
4 buah cabe merah kriting
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1 buah kemiri
1 - 1 1/2 sdt garam / sesuai selera
2 sdt gula pasir / sesuai selera
2 sdm minyak goreng

Olesan:
1 sdm margarin
1 sdm kecap manis

Cara membuat:
Campur ayam dan udang cincang, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kedalam adonan daging, aduk rata, masukkan tepung sagu, masukkan garam dan gula pasir, aduk rata, ambil 1 batang sereh, ambil kira - kira 1 1/2 sdm adonan, bulatkan, tusuk dengan sereh bagian putih didalam, lalu buat bulatan menjadi lonjong sampai 1/4 tinggi sereh, lakukan sampai adonan habis, panaskan wajan datar, olesi sengan sedikit minyak goreng, grill sate lilit sambil di olesi dengan margarin dan kecap, sampai matang coklat keemasan, angkat sajikan.

Tips:
Sebaiknya cicipi dulu adonan sebelum di buat menjadi sate dalam jumlah banyak, dengan cara mengambil 1 sdm adonan, dan di matangkan dalam wajan, bila rasanya sudah pas menurut selera kita, baru buat banyak.

Selamat mencoba.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar