Sabtu, 16 Juni 2012

Red Velvet

Cake pesenan lagi... ini ceritanya dari hobi jadi rezeki *Hamdalah, ada senangnya juga nih.. waktu suamiku tau kalau cake buatanku banyak yang order, dia jadi mikirin buat beliin aku oven yang lebih besar *iyeeeeeeyyyy akhirnya.. jadi nggak repot lagi nih ngebake nya, bisa muat banyak.

Cake ini juga lagi dan sedang digandrungi banyak orang lohh.. warnanya yang cantik elegan bikin cake ini terlihat sexy hihi bener nggak?? buatnya sih nggak ribet, tapi cari bahan bitnya yang ribet, secara Bogor ya cyinnn masih agak susah buat cari sesuatu yang kurang diminati (padahal bermanfaat) contohnya bit, tapi setelah 2 hari muter - muter Bogor, akhirnya nemu juga di salah satu supermarket buah - buahan all fresh, mungkin kalau di Jakarta nggak begitu susah ya carinya.

Waktu beli kami tanya dulu tentang stok buah bit nya, ternya mereka selalu menyediakan walau pasti akan cepat habis juga, tapi setidaknya barangnya tidak akan kosong selama berminggu - minggu atau bahkan bulan, atau bahkan lagi tahun *lebay karena jika memang ketersidiannya kurang dan sulit, aku memutuskan untuk tidak menggunakan buah ini sebagai salah satu bahan Red Velvet Cake ku.


Buah bit ini memiliki warna merah keunguan yang sangat cantik dan alami, tektur buahnya sedikit mirip lobak menurutku, rasanya hampir hambar jadi aman kalau buat bahan kue atau cake.. jadi tidak akan mengubah rasa selain bisa sebagai pewarna alami, kalau baunya mungkin agak sedikit bau tanah menurutku, tapi akan tertutup atau kalah dengan wangi bahan kue lannya koq, jadi secara keseluruhan buah bitnya bagus...


Bahan:
225 gr tepung terigu, ayak
220 gr gula pasir
100 gr butter unsulted
1 1/2 sdt emulsifer
23 gr coklat bubuk, ayak
23 gr buah bit, blender dengan air, rebus saring
1 sdt pewarna makanan, merah tua
1 sdt ekstrak vanili

Cara membuat:
Kocok dengan mixer telur dan gula pasir sampai mengembang, masukkan emulsifer, kocok hinggak kental, matikan mixer, tuang tepung terigu, aduk rata, masukkan butter, aduk rata, masukkan cokat bubuk, aduk rata, masukkan ekstrak vanili, jus bit dan pewarna makanan, aduk rata, tuang kedalam loyang 22 cm yang sudah di oles margarin, dan di alas kertas roti, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 160ยบ C selama 30 menit atau sampai matang, angkat biarkan dingin di suhu ruangan, hias, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar