Senin, 30 April 2012

Japanese Cheese Cake

horreeeee suamiku tercinta ulang tahun !!! waktunya bikin kejutan :) sekalian mau bawa kue juga ke kantor biar bisa dinikmati bersama temen2 (kebetulan kita sekantor hhee asik ya) pengen bikin cake yang belum pernah sama sekali aku bikin, googling sana sini akhirnya nemu juga apa yang aku cari.. simpel banget, hasilnya juga enaakkkk terbukti yaaa semua orang yang nyoba bilang 'ENAK' dan.. rasa2nya aku harus berterima kasih nih sama Mbak Rina.. soalnya aku dapet resepnya dari blognya rina rinso.

Waktu mau beli bahan2nya suamiku juga ikutan, karna waktu pulang kerja si toko khusus kue dan perlengkapannya yang murah meriah dipastikan sudah tutup, pilihan satu2nya ya supermaket, beli ini itu sesuai kebutuhan, baru inget kalau untuk memanggang dibutuhkan loyang ukuran 22cm sebagai wadah, omaigot!! aku belum punya :( mau nggak mau ya beli disitu juga walaupun dengan perbandingan harga yang lumayan (demi kue kejutan) mahal dikit nggak masalah.. tapi yaa.. suamiku nggak kasih izin :) gimana doongggg (maklum, kita berdua adalah type manusia yang klo udah tau ada yg lebih murah, nggak akan pernah mau beli yang mahal) hhee manusiawi banget nggak sih?? bilang aja pelit *mbela dirii.. tapi untuk yang satu ini kasusnya bedaa.. harus beli saat itu juga pokoknya. Dan mulailah aku keluarkan jurus2 rayuan serta muka memelas supaya bisa di APPROVE. Dan akhirnya DIBELIIN yeeaayyy!! bukan apa2 resep itu percobaan pertama dan harus berhasil, jadi harus di buat berdasarkan resep heee..

Setelah berjuang keras menyelesaikan semuanya, cake ini berhasil ku buat cepat, kilat dan selesai pass banget 10menit sebelum pukul 12.00 tibaa horeeeee !!!!

Japanese cheese cake karya ku, walaupun hasil dekorasinya masih berantakan,maklum.. itu percobaan pertama hihiii tapi rasanya berhasil mendapat pujian

Bahan :
Di panaskan bersama :
250 gr cream cheese (aku pakai merk yummy, pilih yang neufchatel)
120 ml whipping cream (aku pakai merk elle)
60 gr mentega tawar/butter unsalted (aku juga pakai elle)
6 kuning telur

Diayak :
50 gr terigu segitiga biru
50 gr maizena

Dikocok :
140 gr gula
6 putih telur
1-2 sdm air jeruk lemon

Cara membuat :
  1. Siapakan loyang bulat diameter 22 cm (kalau loyang 20 pasti gak muat karena kebanyakan).
  2. Setelah adonan cream cheese yang dipanaskan mulai hangat, masukkan campuran terigu dan maizena, aduk rata. aku pakai whisker.
  3. Kemudian masukkan kuning telur 1 per 1 sambil diaduk rata, tetap pakai whisker. sisihkan.
  4. Sementara itu kocok putih telur dan gula sampai berbusa, kemudian masukkan air jeruk lemon. kocok sampai soft peak saja.
  5. Masukkan 1/3 bagian kocokan telur ke dalam adonan, aduk lipat balik (aku pakai spatula), ulangi proses tersebut sampai putih telur habis dan bercampur rata dengan adonan cream cheese.
  6. Tuang adonan cheese cake ke dalam loyang yang sudah di beri alas kertas roti (kertas roti dan loyang gak aku kasih olesan apa-apa) dan panggang dengan cara au bain marie selama 70 menit dengan suhu 160 derajat celsius.
  7. Kalau sudah matang, balikkan adonan,kemudian pindah ke tatakan kue. cheese cake siap dihias.

yang ini itu buatnya sambil mikir keras, gimana caranya bikin kue kejutan biar bisa dimakan, tapi juga tidak mengurangi jatah temen2 kantor, iisshh pelit. eist tapi hasilnya lucu kan.. so sweettt.. :)
cara buat japanese cheese cake mini : gampang.. siapkan cetakan alumunium foil, biasa dipakai sebagai cetakan/wadah makaroni scotel ukuran kecil, masukkan sebagian adonan, panggang dengan cara sama seperti ukuran sebenarnya, hanya waktu dikurangi 10 menit. angkat, dinginkan, keluarkan dari cetakan, siap untuk di hias.

jam 12.00 lewat 15menit, (15menit yang lalunya sensor..) lagi tidur aku bangunin, sengaja nggak pake lilin 1. karna nggak ada, lebih tepatnya nggak beli.. karna beli bahannya berdua, ntar dia jadi tau klo aku tiba2 beli lilin, jadi nggak kejutan doong namanyaa, 2. lagian ya.. itu kan bangun tidurrr klo pake acara tiup lilin ampun deh *tutup idung hihii becanda sayang..




happy birthday sayang... *ciyum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar