Minggu, 29 April 2012

Martabak

'aduh, ndok maning ndok maning', hhee itu kata suamiku kalau aku lagi masak telur ceplok, telur dadar, telur balado, semur telur, halah... aku maniak telur soalnya (bisulan). Tapi pas liat kulkas ada telur banyaaaaak banget,, mikir mau dibikin apa biar nggak dikomen, dan.... jadilah ini MARTABAK !! waktu ditanya 'bikin apa yank?' aku jawab 'MARTABAK' (tapi nggak pake embel2 telur dibelakangnya) 'wahh.. enak nih kayaknya' dan dia nggak komen sama sekali soal telurnya.. tumben,, nggak ngerti apa nggak tau ya dia... hiihiii

MARTABAK

Bahan:
10 lembar kulit lumpia siap pakai
3 butir telur
2 ikat daun bawang (maaf.. aku lupa nimbang :( soalnya aku beli di warung yang jual sayur mayur, waktu beli aku beli 1 ikat 1000 rupiah :) eits itu saran penjualnya koq,, aku beli 2 ikat.. isi banyak juga hheee
1/2 sdt merica bubuk
garam, gula, secukupnya
minyak goreng
cabe rawit hijau untuk pelengkap

Caranya:
iris sedang daun bawang, taruh dalam wadah, masukkan telur, garam, gula, merica bubuk, aduk rata, ambil satu lembar kulit, isi dengan adonan daun bawang dan telur kurang lebih 1-1 1/2 sdm tepat di tengah, lipat bagian bawah kulit ke tengah adonan, lipat kembali dari sisi kanan dan kiri, lalu terakhir lipat bagian atas kulit untuk menutup (kulit akan otomatis menempel karna ada adonan telurnya), setelah minyak panas, goreng martabak sampai matang dan kuning kecoklatan, goreng dalam minyak banyak dan api sedang, angkat, sajikan bersama cabe rawit hijau.

Note: untuk mencoba apakah adonan isi rasanya pas atau tidak, biasanya aku ambil 1 sdm adonan isi matangkan dalam wajan (pake minyak boleh.. enggak juga boleh) setelah matang cicipi.. jadi kita bisa kira2 apakah rasanya sudah pas menurut selera kita dan keluarga atau belum :)

selamat mencoba yaa... :)

1 komentar:

  1. makasih resep nya mbak! aku copy buat ku praktekan di rumah ya?

    BalasHapus