Minggu, 29 April 2012

Pizza ala Zulfa

'mau dimasakin apa yank?' kataku, 'apa aja yang kamu bikin pasti ku makan..' suamiku, 'iissshh sekali kali request dong' aku, 'ya udah bikin pizza' *jeggeeeerrrr sempet lamaaaa aku cuekin *maksudnya nggak aku bikinin... baru setelah beberapa bulan aku mulai googling2 resep pizza. hmmm... ternyata adonan rotinya hampir mirip dengan adonan donat yah hheee seperti biasa.. googling sana sini lalu modifikasi.. asik lhooo nih liat hasilnya... nyumnyumnyum... rotinya empuukk.. toppingnya penuuhh *hasil karya jagoan :)



Bahan roti:
4 cup tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instan
1 sdt garam
2 sdm extra virgin olive oil
300 ml air hangat

Bahan toping:
sosis
beef berger
paprika hijau
paprika kuning
keju mozzarella diparut

Bahan olesan:
hhmm... bahan ini bisa juga untuk saus spaghetti atau pasta lainnya, cekidot
5 buah tomat merah matang, rebus bersama air sampai matang/ kulit tomat retak, tiriskan, blender sampai halus
11/2 buah bawang bombay, iris kotak
2 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging giling
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt oregano
3 sdm extra virgin olive oil
garam, gula secukupnya

Cara membuat:

Roti pizza: campur ragi instan dengan 1/2 cup air hangat diamkan 3menit, kemudian tuang kedalam terigu yang sudah diberi garam, uleni sampai berbutir, lalu tuangkan air hangat berikutnya sedikit demi sedikit sampai kalis, lalu masukkan olive oil, uleni sampai tidak lengket ditangan, bulatkan adonan, istirahatkan 1 jam, kempiskan, bagi menjadi 3 bagian sama rata, giling berbentuk lingkaran setebal 1 cm, istirahatkan 15 menit sambil panaskan oven, panggang dalam oven 150ÂșC selama 15 menit, keluarkan tusuk-tusuk dengan garpu, olesi bahan olesan, beri topping, taburi dengan keju mozarela, panggang kembali selama 15 menit, keluarkan, potong sesuai selera, sajikan dengan saus sambal botolan.

Bahan Olesan: panaskan olive oil, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum dan bawang bombay layu, masukkan daging giling, aduk rata sampai berubah warna, masukkan tomat halus, masak sampai agak mengering dan kental sambil ditutup, masukkan garam, gula, merica bubuk dan oregano, aduk rata, , angkat.

Note:
1. waktu menguleni air dimasukkan sedikit demi sedikit, gunanya agar air tidak terlalu berlebih dan membuat adonan encer alias tidak kalis, aku pakai kurang lebih 300 ml tapi itu juga nggak semua dipakai.. heee dikira-kira saja yaa..

2. cup yang saya pakai adalah cup untuk takaran beras, biasanya itu sudah ada dalam rice cooker yang kita beli heee..

3. waktu untuk memanggang tergantung pada keadaan oven masing-masing yaa.. saya pakai oven listrik, untuk proses memanggang yang pertama aku pakai api atas bawah, dan pemanggangan kedua aku pakai api atas saja, untuk matengin toppingnya, jadi kenali oven masing-masing yaa.. hasilnya roti pizzanya empuukkk banget, enaakk

mas iir fokus giling adonan


siap dipanggang dalam oven *ada yang nggak sabar.. heeee

4 komentar:

  1. aku malah sempet gagal,,, gak ngembang sama skali adonannya dan keras bantet hiks =_= ditunggu resep2 lainnya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep yang aku share ini sudah ku coba beberapa kali, dan selalu berhasil.. ayo semangaatt pasti bisa *lohh hehehee

      Hapus
  2. bikin roti kalau pakai air panas selalu gagal, aku pakainya air es + ferxxx pasti berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa ? ada beberapa resep roti yang aku buat pake air dingin, ini waktu coba pake air panas, langsung berhasil.. menurutku lebih praktis soale nggak perlu ngeluarin batu es gitu.. hahahhaaaa

      Hapus