Senin, 06 Agustus 2012

Pizza Tempe

Bosen dengan olahan tempe yang itu - itu saja, mari yuukk kita buat olahan tempe yang agak berbeda dengan rasa itali.. tau dong makanan itali yang banyak disukai orang - orang Indonesia, yup Pizza.. kalau yang kita tahu bahan dasar pizza adalah roti, sekarang kita ganti roti itu dengan tempe. Menu ini terinspirasi dari tabloid koki, tapi yang ini ku buat ala zulfa tentunya.

Rasanya jangan ditanya.. mirip pizza beneran, karena toppingnya memang toping yang biasa aku buat untuk pizza hanya saja ada sensasi rasa tempe yang khas disetiap gigitannya *halah..
Jadi dari pada penasaran mending coba buat aja yuk bunda dirumah.. Berikut bahan-bahannya.

Bahan:
1 papan tempe, potong bentuk bulat
3 buah sosis sapi
1/2 buah bawang bombay, iris bentuk gelang/cincin
keju mozarella / keju quick melt, sesuai selera
margarin untuk olesan tempe

Bahan olesan:
5 buah tomat merah matang, rebus bersama air sampai matang/ kulit tomat retak, tiriskan, blender sampai halus
11/2 buah bawang bombay, iris kotak
2 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging giling
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt oregano
3 sdm extra virgin olive oil
garam, gula secukupnya

Cara membuat:
Bahan Olesan: panaskan olive oil, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum dan bawang bombay layu, masukkan daging giling, aduk rata sampai berubah warna, masukkan tomat halus, masak sampai agak mengering dan kental sambil ditutup, masukkan garam, gula, merica bubuk dan oregano, aduk rata, , angkat, sisihkan.
Ambil potongan tempe, olesi kedua sisi dengan margarin, lalu di pan kedua sisi sampai kecoklatan, susun di loyang, taruh 1 sdm bahan olesan disetiap tempe, susun sosis dan bawang bombay, taburi dengan keju mozarella / quick melt, panggang dalam oven bersuhu 150ÂșC selama 15 menit atau sampai keju meleleh, angkat, sajikan.

Tips:
Untuk bahan olesan bisa juga diganti hanya dengan saus sambal / saus tomat.
Jika ingin membuat bahan olesan yang komplit seperti yang aku buat, sisa bahan olesan dapat disimpan dalam lemari pendingin selama 6 hari (bisa untuk saus spaghetti atau pasta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar